Tags

, , , , ,

Tahun baru dimulai… Liburan pun dimulai…

Akhirnya! Setelah berjuang buat dapet nilai bagus di semester satu dan bersusah-susah membaca dan menulis buat tugas mata kuliah Logika dan Penulisan Ilmiah (LogPenIl), akhirnya saya bisa sedikit bersantai. Yaah… walaupun masih ada satu tugas akhir LogPenIl yang sampai sekarang belum saya sentuh, tapi intinya udah nggak terlalu banyak hal yang saya kerjain saat-saat ini. Whew. Sekarang yang bisa saya lakuin cuma memantau nilai-nilai saya di SIAK (Sistem Informasi AKademis) aja. Target saya agak terlalu tinggi juga sih, di sekitar angka cum laude gitu. Yaah… Mudah-mudahan aja bisa. Amien!!

Selain itu, tahun baru juga sudah di depan mata. Nggak kerasa udah tahun 2011 aja. Dan nggak kerasa sebentar lagi saya udah mencapai umur 20 tahun. Hehehe. Ternyata 20 tahun itu waktu yang cukup lama juga ya. Kalo diinget-inget kayaknya waktu saya baru lulus SD itu udah lama banget. Padahal kan baru sekitar 7 tahun yang lalu. Di tahun baru ini kayaknya sih nggak ada sesuatu yang spesial. Kayaknya tahun baru ini saya jalanin dengan biasa-biasa aja. Tapi biar begitu, saya pikir tahun baru ini perlu disambut juga dengan meriah. Walaupun saya nggak tau gimana cara nyambutnya sih. Paling ngajakin temen-temen aja kali buat ngerayain. -_-a

Nah, setelah liburan tahun baru ini, saya bakal masuk ke semester dua. Semester yang punya SKS cukup banyak, yaitu sekitar 20 SKS. Which means, ini nggak akan lagi sama kayak semester 1. Pasti butuh lebih banyak lagi waktu buat ngerjain tugas, belajar dan kegiatan-kegiatan kampus lainnya. So, sebelum semester dua dateng, saya perlu mempersiapkan diri nih. Biar nggak keteteran. Kira-kira, ada beberapa mata kuliah yang jadi kelemahan saya tapi ada juga mata kuliah yang dari nama mata kuliahnya aja udah bikin saya tertarik. Berikut ini adalah mata kuliah wajib yang saya ambil di semester 2:

1. Psikologi Umum II

Hmm… Kalo psikologi umum I lebih banyak membahas mengenai sejarah dan sistem psikologi, di psikologi umum II bakal lebih banyak topik-topik mengenai gambaran kejiwaan manusia secara umum. Bahan-bahan kayak memori, kognisi, emosi, dsb. ada disini. Mudah-mudahan, psikologi umum II jadi mata kuliah yang saya suka. Soalnya, bahannya juga udah nggak seribet Psikologi Umum I walau saya suka Filsafat.

2. Psikologi Faal

Psikologi faal ini bisa dibilang mirip sama biopsikologi. Jadi materi-materi biologi yang berhubungan dengan kejiwaan manusia akan dimasukin disini. Well, saya sih sebenernya suka sama biologi, tapi saya kurang suka aja terlalu banyak menghafal istilah biologi. Tapi karena ada hubungannya sama kejiwaan manusia, jadi mungkin biologi disini bakalan menarik deh. Mudah-mudahan. :D

3. Metodologi Penelitian dan Statistika I

Ini dia… satu dari mata kuliah yang paling saya takuti. Sebelum saya kuliah di psikologi, saya kuliah di jurusan kimia MIPA. Nah, di fakultas MIPA, emang yang dituntut itu kan kemampuan matematis yang tinggi banget (banyak matkul kayak kalkulus, aljabar linear, dsb.). Akhirnya saya nggak terlalu bisa ngikutin pelajarannya. So, di psikologi ini saya berharap nggak ketemu hal-hal yang berbau matematis yang terlalu rumit kayak di MIPA. Saya sebenernya suka statistika, tapi saya nggak tau statistika SMA sama statistika perguruan tinggi itu bedanya apa. So, ya saya perlu bersiap-siap aja deh. Hahaha.

4. Filsafat Manusia

Kayaknya mata kuliah ini bakal jadi salah satu favorit saya di semester 2. Dari dulu, saya udah tertarik banget sama filsafat. Bahkan, lebih tertarik sama filsafat daripada psikologi. Nggak tau kenapa dari dulu saya emang suka merenung; berpikir mengenai hal-hal yang bersifat kemanusiaan. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berbau teori. Filsafat gudang semua teori. Dan yang jadi fokus di filsafat ini adalah manusia (bahan materi favorit saya), jadi ya pastinya bakal menarik banget.

5. Etika

Kita seringkali mendengar kata ini. Tapi nggak banyak orang yang tau kalo etika merupakan cabang dari filsafat. Karena ini merupakan filsafat, saya juga suka sama mata kuliah ini. Tapi jujur aja saya sama sekali belum ada bayangan mengenai mata kuliah yang satu ini. Semoga aja nggak terlalu bersifat pragmatis; yang cuma melihat dari sisi kegunaan etika dalam terapi psikologi.

6. Individu, Kebudayaan dan Masyarakat

Nggak ada bayangan sih mengenai materi keseluruhan dari mata kuliah ini. Tapi yang pasti, beberapa hal yang pernah dibahas pada MPKT (MPK Terintegrasi) akan lebih dalam lagi dibahas disini. Mungkin fungsi mata kuliah ini buat jurusan psikologi yaitu karena manusia sebagai individu nggak pernah terlepas dari kebudayaan dan masyarakat. Agak sok tau juga sih, padahal belum tentu itu yang jadi penyebabnya. Hehehe. Satu hal yang pasti, saya akan cukup menyukai mata kuliah berbau ilmu sosial ini.

7. Mata-ajar Pengembangan Kepribadian (MPK) Agama Islam

Dulu, saya bersekolah di sebuah sekolah Islam. Dan karena dulu juga saya pernah mendapatkan materi agama Islam di fakultas MIPA, maka saya tahu materi mata kuliah agama tidaklah seperti di SMA saya yang berbasiskan Islam. Di Perguruan Tinggi, keaktifan mahasiswa dan tidak terbatasnya pemikiran mahasiswa terhadap agama mungkin agak lebih diitekankan. Saya cuma berharap di mata kuliah ini saya mendapatkan pencerahan untuk menjalankan agama saya dengan lebih baik. Hehehe.

8. Mata-ajar Pengembangan Kepribadian (MPK) Olahraga/Seni

Ada banyak pilihan disini. Mulai dari MPK basket, voli, futsal, sampai MPK karawitan, olah vokal, dan lukis. Saya sih sebenernya masih agak bingung antara mengambil MPK Lukis, MPK Komik, atau MPK Apresiasi Film. Tapi ujung-ujungnya, kayaknya saya bakalan milih MPK Lukis. Lumayan juga saya pikir buat rekreasi. Kalo milih MPK komik, saya bingung menentukan ceritanya. Kalo MPK Apresiasi Film, walaupun seru nonton film, tapi ogah juga kalo harus terus-terusan nulis review film. So, semoga aja nanti saya dapet kursi di MPK Lukis. :)

Nah, selain mata kuliah diatas yang totalnya 20 SKS, kalo nanti di SIAK ternyata nilai saya masuk diatas 3.50, saya punya rencana buat ngambil kelas-kelas eksternal yang ada di fakultas lain. Kayaknya banyak yang seru aja.

Jadi ya… walaupun semester dua nanti bakalan cukup sibuk dan ada rasa khawatir nggak bisa ngikutin, saya bakalan tetep berjuang dengan maksimal buat dapetin IPK freshman year saya supaya nilainya jadi tinggi. XD

Kira-kira itu aja deh. See you in the next article  and Happy New Year 2011!!