Tags

, , , , ,

Lama-lama hambar juga kalo kebanyakan nulis tugas-tugas kuliah di blog ini. Karena blog ini nggak saya batesin buat tulisan berbau-bau psikologi aja, udah sepatutnya donk kalo saya nyantumin hal-hal lain supaya sedikit lebih berwarna dan terkesan nggak kaku dan kolot. Nah, di tulisan kali ini, saya pengen ngebahas salah satu hobi saya: Maen game. Oiya. Di CV saya dalam blog ini belum saya cantumin juga, kalo saya sebenernya suka banget maen game. Kalo dulu seharian penuh saya bisa maen video game sampe nggak berhenti-berhenti. Soalnya emang hobi sih. Yah, kalo sekarang sih udah jauh lebih jarang maen game. Gak sempet. Tugas kuliah yang ajegile banyaknya itu telah menyita waktu saya. -_______-

Nah, lebih spesifik lagi, disini saya ingin ngebahas mengenai game pokemon. Pokemon? Ya, makhluk-makhluk lucu nan imut yang dulunya pernah dicekal karena dianggap wadah pemujaan setan. -_____- It’s kinda absurd, sih. Tapi ya sudahlah, itu kan masa lalu. Toh sampe sekarang saya pun nggak muja-muja setan kan karena dari kecil saya demen pokemon?

Kalo ngomong game pokemon, sampai saat ini game yang terbaru yaitu Pokemon Black & White. Tapi walaupun saya udah nge-DL game-nya dan udah berhasil maenin game-nya, tetep rasanya agak kurang sreg ngeliat pokemon-pokemon yang paling baru. Banyak yang bentuknya agak aneh. Nah, karena belum kepengen maenin Pokemon Black & White, jadi saya masih maenin Pokemon Platinum sampe detik ini. Yah, walaupun aesthetic battle system-nya belum sepenuhnya sebagus Black & White, tapi pokemon-pokemonnya banyak yang gue suka.

Nah disini, saya mau menjabarkan tim pokemon yang saya gunakan di pokemon platinum. Saya juga akan menjelaskan alasan mengapa saya memilih pokemon-pokemon ini. Memang, kalo untuk battle sesama player, tim ini nggak terlalu kuat. Tapi berhubung gue nggak punya akses DS online (soalnya maennya pake emulator di PC), jadi ya menurut gue nggak penting juga kalo harus ngikutin trend pokemon battle. So… moves-moves dari pokemon yang dijabarin disini mungkin bakalan agak absurd dan awfully weak banget buat dipake di battle sesama player. Ok, here goes my team!!

Gallade (Male)

Type: Psychic/Fighting

Ability: Steadfast

Hold Item: Muscle Band

Moves: Psycho Cut, Close Combat, Ice Punch, X-scissor

Gallade adalah pokemon lead yang saya pakai. Kalo di tier battle (tournament sesama player), Gallade bisa dibilang lead yang cukup lemah. Dia kalah sama lead-lead sejenis kayak Machamp, Lucario, atau Infernape. Masalahnya, ini pokemon keren banget. Agak bingung sebenernya milih antara Gallade dan Lucario. Tapi akhirnya saya pilih Gallade. Saya suka, soalnya keren. Lucario terlalu pasaran. Selain itu, tipe Gallade kan Psychic/Fight. Dari dulu, saya paling suka sama pokemon-pokemon tipe Psychic. Tapi kebanyakan pokemon psychic ya kalo nggak bentuknya aneh, pasti bentuknya terlalu feminim. Nah pas ada Gallade, dengan segera pokemon ini jadi favorit saya.

Houndoom (Male)

Type: Dark/Fire

Ability: Flash Fire

Hold Item: Wise Glasses

Moves: Flamethrower, Beat Up, Dark Pulse, Shadow Ball

Seperti biasa, pilihan buat pokemon tipe Fire nggak pernah banyak di game pokemon apapun. Entah kenapa gamefreak terlalu membatasi jumlah pokemon tipe Fire. Di Pokemon Platinum, cuma ada beberapa jenis pokemon Fire aja, yaitu Rapidash, Infernape, Magmortar, Flareon, sama Houndoom. Awalnya saya selalu pake Rapidash. Tapi lama-lama males juga, soalnya lemah banget. Pilihan move-nya juga terlalu sedikit. Nah pas nyoba nyari alternatif, saya pikir-pikir ternyata Houndoom kayaknya yang paling pas buat tim saya. Dia bisa jadi special sweeper yang lumayan keren.

Roserade (Female)

Type: Grass/Poison

Ability: Natural Cure

Hold Item: Leftovers

Moves: Leech Seed, Energy Ball, Sludge Bomb, Substitute

Pokemon tipe Grass selalu merupakan pokemon yang paling berguna di game pokemon manapun. Biasanya, pokemon tipe Grass punya moves-moves yang agak sedikit lebih banyak dan bervariasi daripada pokemon-pokemon tipe lainnya. Saya menjadikan dia support dalam tim karena kemampuannya dalam melakukan substitute – leech seed. Sebenarnya, kalo urusan grass pokemon, pokemon favorit saya adalah Leafeon. Tapi berhubung Leafeon pilihan moves-nya agak parah, jadi ya mendingan pake Roserade walaupun agak terlalu feminim.

Togekiss (Male)

Type: Normal/Flying

Ability: Serene Grace

Hold Item: Quick Claw

Moves: Air Slash, Aura Sphere, Water Pulse, Thunder Wave

Agak sulit membayangkan pokemon tipe Flying terbaik di pokemon platinum selain Togekiss. Pokemon yang merupakan final form dari Togepi ini memiliki status yang keren. Special attack-nya patut diperhitungkan. Special defense-nya juga tinggi banget. Selain itu, Togekiss juga punya Speed yang lumayan tinggi. Saingannya, Staraptor juga lumayan keren sih. Tapi movepool nya terlalu membosankan. Togekiss punya ability yang keren, Serene Grace yang bisa membuat efek memiliki kemungkinan berlaku 2 kali lipat. Dikombinasikan dengan Air Slash dan Thunder Wave, Togekiss jadi invincible banget.

Garchomp (Male)

Type: Dragon/Ground

Ability: Sand Veil

Hold Item: Life Orb

Moves: Outrage, Sandstorm, Earthquake, Stone Edge

Nah, ini dia. Sweeper nomor satu dari tim ini. Dengan base status sebesar 600, Garchomp bisa dibilang memiliki kekuatan pokemon legendaris. Selain itu, dia tipe Dragon, tipe yang paling kuat. Udah gitu saya suka sama tampilannya yang keren dan intimidating. Speed nya nggak ada yang ngalahin. Attack nya luar biasa. Defense dan Sp. Defense nya juga nggak malu-maluin. Dan inilah trump card dari tim saya.Sekali Garchomp keluar, nggak ada pokemon lain yang bisa ngalahin dia. Masih belum cukup, ia punya Sand Veil yang mampu meningkatkan evasion-nya sampai 20% saat Sandstorm.

Empoleon (Male)

Type: Water/Steel

Ability: Torrent

Hold Item: Leftovers

Moves: Drill Peck, Ice Beam, Grass Knot, Surf

Buat starter pokemon, banyak yang biasanya lebih milih Torterra atau Infernape. Torterra dipilih karena movepool nya luas dan kuat dalam gym battle sama elite four challenge. Infernape dipake karena bagus di Battle Frontier. Sementara Empoleon? Empoleon kurang mampu bertahan di gym battles khususnya di awal-awal gym battle. Empoleon juga sering dibilang starter pokemon terburuk di Sinnoh. Tapi, ia punya defense typing yang luar biasa. Hampir semua type bisa dia tangkis. Status defense dan special defense nya juga lumayan, sehingga membuat dia jadi slaah satu tank yang paling diperhitungkan bahkan dalam battle sesama player. Ia juga mampu mengatasi kelemahannya terhadap beberapa tipe dengan move-move nya yang lumayan bervariasi. Di pokemon platinum, Empoleon selalu jadi favorit saya. :D

Ok, itu dia pokemon-pokemon yang saya pake di game pokemon platinum. Next time saya akan mem-posting pokemon-pokemon favorit saya. See you in the next article. :D

Images:

http://archives.bulbagarden.net/media/upload/thumb/5/58/475Gallade.png/200px-475Gallade.png (Gallade)

http://images.wikia.com/pokemon/images/3/3f/Houndoom.png (Houndoom)

http://images.wikia.com/pokemon/images/0/05/407Roserade.png (Roserade)

http://images.wikia.com/pokemon/images/8/87/468Togekiss.png (Togekiss)

http://images.wikia.com/pokemon/images/f/fa/445Garchomp.png (Garchomp)

http://images.wikia.com/pokemon/images/7/7f/395Empoleon.png (Empoleon)