Tags

, , ,

Artikel lanjutan dari dua artikel sebelumnya.

Untuk artikel mengenai Zeus, Hera, Poseidon, Demeter, Dionysus klik Dua Belas Penguasa Olympus (Part 1)

Untuk artikel mengenai Athena, Ares, Aphrodite, Hephaestus, Hermes klik Dua Belas Penguasa Olympus (Part 2)

Apollo

MV5BMTM3MzE4Nzk0M15BMl5BanBnXkFtZTcwNzE1MDY2Nw@@._V1._SX640_SY347_

Dewa musik, seni, memanah, kesembuhan, kebenaran, matahari dan dewa paling tampan di Olympus. Dewa berambut emas yang sering terlihat bersama lira kesayangannya ini merupakan dewa yang tidak dapat mengatakan sedikitpun kebohongan. Dari semua kisah Apollo, kisah-kisah cintanya merupakan kisah yang paling menarik. Sulit untuk menolak ketampanan Apollo. Namun, gadis yang sangat dicintainya, Daphne, menolak cintanya karena Eros sang dewa cinta yang dendam terhadap Apollo telah membuat Daphne menolak Apollo. Ini membuat Apollo mengejar Daphne sampai Daphne tidak tahan dan meminta ayahnya menjadikannya sebuah pohon Laurel. Apollo yang sedih melihat Daphne berubah menjadi pohon akhirnya memakai ranting dan daun pohon Laurel itu menjadi mahkota di kepalanya. Apollo juga memiliki banyak kisah cinta dengan gadis-gadis lain, bahkan banyak kekasihnya yang merupakan pria.

Artemis

3038028527_1_5_8YlTXICw

Saudari kembar dari Apollo. Sama seperti saudaranya, anak panah dan busur yang selalu dibawa bersamanya dapat menyebabkan penyakit dan wabah jika terkena pada sasarannya. Ia merupakan dewi perburuan, alam, dan keperawanan yang sangat menjaga keperawanan dari wanita. Jika dewi-dewi lainnya memiliki keterikatan dengan pria lewat hubungan tertentu, maka Artemis sama sekali tidak memiliki keterikatan dengan pria manapun. Dalam beberapa kisah bahkan digambarkan kebenciannya terhadap pria, dan bagaimana pria-pria gentar dan takut saat bertemu dengannya. Salah satu kisah menceritakan hukumannya yang kejam terhadap pria yang melihatnya sedang mandi. Ia juga bertanggung jawab atas kematian-kematian banyak pemburu-pemburu pria yang membuatnya marah. Meskipun gelarnya sebagai dewi keperawanan, ia juga merupakan dewi yang membantu memudahkan kelahiran bayi.

Selain dari kedua belas dewa-dewi yang telah disebutkan, ada beberapa figur-figur lain yang seringkali juga dianggap sebagai dua belas penguasa utama Olympus. Dewa-dewi itu diantaranya:

Hestia

tumblr_ls2hvd4JAo1r2hjrko1_500

Dewi yang seringkali perannya terlupakan ini merupakan saudari dari Zeus, Poseidon, dan Hades. Padahal, ia merupakan dewi yang seringkali dipuja di setiap rumah sebelum makan dan dialah dewi yang dipuja di setiap kota di Yunani. Setiap kota pasti memiliki obor api yang apinya tidak diperbolehkan padam. Ini merupakan bentuk pemujaan terhadap Hestia. Ia merupakan dewi yang dikenal sangat baik hati dan penyayang. Ia tidak menikah karena tidak ingin pernikahannya membawa malapetaka atau perang.

Hades

Hades_by_TaekwondoNJ

Mungkin Hades merupakan dewa Yunani Kuno paling terkenal atau yang paling sering didengar namanya setelah Zeus. Ia merupakan dewa yang kalah bersaing dengan kedua saudaranya, Zeus dan Poseidon dalam memperebutkan kekuasaan. Ia mendapatkan tempat di dunia kematian, yaitu tempat dimana makhluk hidup beristirahat untuk terakhir kalinya. Dalam kisah-kisah modern, Hades seringkali digambarkan sebagai dewa yang iri hati, licik, jahat, dan selalu menjadi peran antagonis dalam cerita apapun. Padahal, tidak sepenuhnya sifat jahat ada pada diri Hades. Meski ia memang dewa yang serakah dan keras terhadap seluruh penghuni dunia kematian, ia juga menunjukkan belas kasih dan sifat membantunya pada pahalawan-pahlawan yang mendatanginya, dan kepada istrinya, Persephone. Daripada jahat, ia lebih dikenal sebagai dewa yang pasif, yang sukadengan keseimbangan dan keteraturan.

Ok, that’s all guys. Next time pengen banget deh nulis tentang makhluk-makhluk yang muncul dalam berbagai mitologi di seluruh dunia. Milih mitologi mana dulu ya? Ada saran gak buat gue? Hehe.