Tags

, ,

Apa yang mendasari kelahiran dan perkembangan dari pendidikan psikologi di Indonesia? Pendidikan psikologi di Indonesia sendiri dimulai oleh Universitas Indonesia (UI). Pada perkembangannya, fakultas Psikologi UI menjadi pionir perkembangan dan kemajuan ilmu psikologi di Indonesia, dan telah melahirkan tokoh-tokoh yang memberikan sumbangsihnya bagi Negara. Lalu sebenarnya, apakah yang mendasari lahirnya Fakultas Psikologi UI? Bagaimana sejarah perkembangan fakultas Psikologi UI itu sendiri?

Pada tahun 1952, seorang psikiater dari Fakultas Kedokteran UI, Prof. Dr. Slamet Iman Santoso merasakan perlunya ada lembaga dan pendidikan psikologi di Indonesia.  Dalam pidatonya saat Dies Natalis UI di Fakultas Teknik UI, beliau menekankan pada pentingnya penggunaan pemeriksaan psikologis untuk mendeteksi the right man on the right place, dan menghindari the right man on the wrong place, the wrong man on the right place, dan the wrong man on the wrong place. Artinya, penempatan individu-individu yang tepat dalam tempat yang tepat bagi individu-individu itu semakin dinilai penting urgensinya.

Sebagai kelanjutan dari pidato itu, pada tanggal 3 Maret 1953 didirikanlah  Kursus Asisten Psikologi dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tak lama setelahnya, didirikan Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang secara langsung berada dibawah pimpinan Universitas Indonesia. Kemudian pada tahun 1955, status Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi diubah menjadi Pendidikan Sarjana Psikologi yang berada di Fakultas Kedokteran UI. Baru kemudian pada tahun 1960 setelah keluarnya SK Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI no. 108049/U.U Fakultas Psikologi UI berdiri sebagai fakultas yang berdiri sendiri sekaligus menandakan kelahiran dari Fakultas Psikologi UI dengan Prof. Dr. Slamet Iman Santoso sebagai dekan pertamanya.

Pada kelanjutannya, Fakultas Psikologi berbagai tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi terhadap perkembangan psikologi Indonesia. Lulusan pertama Fakultas Psikologi, yaitu Prof. Dr. Fuad Hassan yang juga merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengembangkan psikologi eksistensial dan mengeluarkan buku-buku dasar-dasar psikologi dan filsafat manusia. Ia kemudian menjadi dekan kedua setelah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso (1974 – 1976).

Selanjutnya Fakultas Psikologi dipimpin oleh pemerhati wanita dan pengembang psikologi wanita di Indonesia, yaitu Prof. Dr. Saparinah Sadli (1976 – 1981). Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. A.S. Munandar, seorang psikolog di bidang organisasi dan industri yang banyak berkecimpung di dunia sosial politik Indonesia (1981 – 1984).

Pada tahun 1984, Dra. Soesmalijah Soewondo, tokoh psikologi yang menghasilkan banyak karya memimpin selama 6 tahun yang kemudian dilanjutkan oleh masa kepemimpinan Dra. Yaumil Agoes Achir (1990 – 1994) yang juga seorang birokrat Indonesia. Berikutnya, ahli bidang emosi dan psikologi klinis, Prof. Dr. Suprapti Sumarmo Markam (1994 – 1997) menduduki jabatan sebagai dekan. Pada tahun 1997, ahli psikologi sosial yang mengukir banyak prestasi, yaitu Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono menjabat sebagai dekan pada periode 1997 – 2004, yang disusul oleh Dra. Siti Dharmayati Utoyo Lubis, M.A., Ph.D. yang berkecimpung di bidang kesehatan mental dalam masa kepemimpinan sampai tahun 2008.

Saat ini, Fakultas Psikologi UI dipimpin oleh Dr. Wilman Dahlan Mansoer, M.Org.Psy. Di Fakultas Psikologi UI saat ini terdiri atas enam departemen, yaitu Psikologi Umum & Eksperimen, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri/Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. Jenjang pendidikan terdiri atas jenjang pendidikan sarjana reguler, sarjana paralel, sarjana kelas khusus internasional, magister psikologi sains, magister psikologi terapan, magister profesi psikolog, dan jenjang doktoral. Untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik di Fakultas Psikologi UI, disediakan berbagai fasilitas untuk mahasiswa, dosen, karyawan, dan  seluruh civitas lainnya.

Daftar Pustaka:

http://een-amna.blogspot.com/2012/10/sejarah-psikologi-di-indonesia.html (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://id.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Psikologi_Universitas_Indonesia (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://id.wikipedia.org/wiki/Yaumil_Agoes_Achir (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://news.liputan6.com/read/57595/yaumil-agoes-achir-meninggal-dunia (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://www.psikologi.ui.ac.id/# (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://www.psikologi.ui.ac.id/pages/sejarah-f.psi.ui (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://www.psikologi.ui.ac.id/pages/video-profil (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)

http://staff.ui.ac.id/pencarian.php (diakses pada 1:18 PM tanggal 4/10/2013)