Tags

, , ,

Yep! The brand new Pokemon X and Pokemon Y is out there. Unfortunately, saya masih harus nabung beberapa waktu lagi untuk bisa membeli Nintendo 3DS. Sucks, yea… Disaat para pokegamer out there udah menikmati serunya 3D pokemon battle, asiknya wifi battle, dan udah nyobain the new mega evolution, disinilah saya meratapi nasib karena masih menunggu tabungan penuh dan dana beasiswa cair *supaya gak abis-abis banget duit tabungannya ehehe*. Udah berhari-hari belakangan ini selalu update ke serebii.net buat tau perkembangan si X dan si Y ini. Yaah, seenggaknya meskipun belum bisa maenin gamenya, saya udah punya skema di kepala saya mengenai seluk beluk si X dan Y. Dan meski belum main gamenya, tapi nampaknya revolusi yang dibawa si X dan si Y ini dari segi grafis dan penambahan mega evolution membawa pokemon ke arah yang lebih positif. Bravo Gamefreak and Nintendo! You know exactly what we, pokemon fans needed!

Anyway, mana yang akan saya pilih dari kedua game itu? Si X atau si Y? Buat saya, absolutely X! Jujur ketika ngeliat Mega Charizard X (yang cuma ada di Pokemon X), saya langsung terpesona. Udah dari dulu saya berharap tipe Charizard itu bukan Fire/Flying (it’s so crappy). Tipe Fire/Flying itu bikin Charizard jadi lemah banget karena ada 4x weakness terhadap tipe Rock. Udah gitu karena sering banget ketemu Stealth Rock (dimana Charizard jadi crappy abis kalo udah ketemu stealth rock), Charizard jadi makin gak guna. Nah di Pokemon X, Charizard bisa mega evolve jadi tipe Fire/Dragon, Mega Charizard X. So say farewell to Rock and Stealth Rock. Selain karena Mega Charizard X, pokemon legendaris di X, yaitu Xerneas juga buat saya lebih menarik. Yveltal di Pokemon Y emang keren, tapi Xerneas punya unsur graceful dan classy dimana buat saya ini tuh nilai plus banget.

Pokemon X's Xerneas

Pokemon X’s Xerneas

Yaah, meski lagi-lagi saya harus bilang saya masih belum main gamenya, saya udah punya planning akan membawa tim pokemon saya ke arah mana. Butuh berhari-hari loh buat nentuin tim yang bagus buat saya pake di Pokemon X nanti. Tim ini udah bener-bener dipikirin dari segi balance, status, tipe, dan unsur estetisnya. Dari semua pokemon yang saya coba cocokin buat tim ini, akhirnya kepilih deh 6 pokemon yang akan saya gunakan di Pokemon X. Siapa aja mereka? :3

Lucario

Lucario

Lucario

Mega Lucario

Mega Lucario

Type: Fight/Steel

Ability: Steadfast (saat terkena flinch, meningkatkan speed dari Lucario)

Mega Ability: Adaptability (meningkatkan serangan dengan tipe yang sama seperti tipe Lucario sebanyak 100%)

Nature: Hasty (Defense down, Speed Up; gak bisa pilih yang lain, soalnya doi gift pokemon)

Strong Against: Normal, Grass, Ice, Poison, Bug, Rock, Dragon, Dark, Steel

Weak Against: Fire, Fight, Ground

Hold Item: Lucarionite

Lucario jadi semacem pokemon favorit saya sejak Pokemon Platinum. Bahkan di Pokemon Black and White 2 pun lagi-lagi saya pake si musang biru ini. Lucario saya pilih karena tipe Fight and Steel yang punya kelebihan dari banyak tipe-tipe lainnya. Selain itu, dengan kemunculan tipe fairy di X dan Y, saya butuh pokemon tipe Steel buat menahan serangan Fairy. Disini peran doi akan lebih ke physical attacker (selain jadi tanker lead) karena didukung sama mega ability-nya, Adaptability.

Ampharos

Ampharos

Ampharos

181-m

Mega Ampharos

Type: Electric (untuk mega evolution, jadi tipe Electric/Dragon)

Ability: Static (Pokemon yang melakukan kontak fisik dengan Ampharos akan terkena Paralysis)

Mega Ability: Mold Breaker (Serangan Ampharos tidak dipengaruhi ability musuh)

Nature: Rash (Special Attack Up, Special Defense Down)

Strong Against: Electric, Flying, Steel

Weak Against: Ground

Hold Item: Ampharosite (or… Wise Glasses?)

Satu lagi pokemon yang dapet boost karena bisa berevolusi jadi mega pokemon. Sama kayak Mega Charizard X, Mega Ampharos juga mendapatkan tipe baru, yaitu tipe Dragon. Dengan kemunculan banyak tipe fairy, agak gak yakin sih dengan kekuatan pokemon dragon sekarang. Tapi Ampharos saya pilih karena dia bisa dibilang satu-satunya pokemon Electric yang punya special attack yang tinggi dan defense gak malu-maluin di pokemon X. So he’s kinda a special sweeper on my team.

Sylveon

Sylveon

Sylveon

Type: Fairy

Ability: Cute Charm (Pokemon yang melakukan kontak fisik dengan Sylveon akan terkena Infatuation)

Nature: Bold (Attack Down, Defense Up)

Strong Against: Fight, Bug, Dragon, Dark

Weak Against: Poison, Steel

Hold Item: Light Clay

Awalnya gak punya rencana mau pake Sylveon. Awalnya, saya lebih pengen pake Espeon atau Jolteon (Jolteon digantiin sama Ampharos). Tapi saya ini tipe authentic seeker. Kalo saya pake hampir semua pokemon dari pokemon generasi lama, terus apa gunanya pokemon-pokemon baru yang udah susah payah dibikin gamefreak? *sumpah ini sebenernya gak penting, tapi jiwa authentic seeker gue keluar gimana dong*. Selain karena alasan utama itu, tipe fairy juga jadi tipe yang bisa banyak berguna. Saya akan set peran Sylveon jadi wall disini karena dia bisa belajar Reflect dan Light Screen.

Lapras

Lapras

Lapras

Type: Water/Ice

Ability: Shell Armor (Lapras tidak akan pernah terkena critical hit)

Nature: Docile (Neutral; lagi-lagi ini gift pokemon, jadi gak bisa milih)

Strong Against: Water, Ice

Weak Against: Electric, Grass, Fight, Rock

Hold Item: Undecided (mungkin akan pake Rocky Helmet)

Masa-masa pokemon generasi I, dimana Lapras dikasih secara cuma-cuma berulang lagi di Pokemon X. Sekarang, Lapras juga bakal dikasih cuma-cuma dalam game. That’s right, cuma-cuma! Gak ngerti kenapa Lapras dikasih segampang itu ke player mengingat status Lapras yang cukup tinggi dibanding kebanyakan pokemon-pokemon tipe water lainnya. Sebagaimana pokemon water pada umumnya, dia juga akan saya gunakan sebagai HM slave untuk Surf supaya bisa menjelajahi air di Kalos. Tapi alasan utama saya pake Lapras adalah karena dia punya Same-Type Attack Bonus untuk tipe Ice.

Charizard

Charizard

Charizard

Mega Charizard X

Mega Charizard X

Mega Charizard Y

Mega Charizard Y

Type: Fire/Flying (untuk mega evolution, jadi tipe Fire/Dragon)

Ability: Blaze (Saat HP Charizard dibawah 1/3, serangan Fire meningkat 50%)

Mega Ability: Tough Claws (Meningkatkan serangan yang melibatkan kontak fisik)

Nature: Naughty (Attack Up, Special Defense Down)

Strong Against: Fire, Grass, Fight, Ground, Bug, Steel, Fairy

Weak Against: Water, Electric, Rock

Hold Item: Charizardite X

Ini dia! Alasan kenapa saya beli pokemon X dibanding pokemon Y. Dengan perubahan tipe dari Flying menjadi Dragon, tipe Rock bukan lagi menjadi ancaman. Selain itu, Mega Charizard X juga secara estetis sangat mempesona saya. Ditambah lagi dengan Physical Attack dan Special Attack yang sangat tinggi, tidak ada alasan lagi bagi saya untuk tidak memasukkan doi dalam tim saya. Charizard juga sangat mudah didapat pada Pokemon X.

Chesnaught

Chesnaught

Chesnaught

Type: Grass/Fight

Ability: Overgrow (Saat HP Chesnaught dibawah 1/3, serangan Grass meningkat 50%)

Nature: Jolly (Special Attack Down, Speed Up)

Strong Against: Water, Electric, Grass, Ground, Rock, Dark

Weak Against: Fire, Ice, Poison, Flying, Psychic, Fairy

Hold Item: Leftovers

Jujur saya suka sama konsep starter pokemon dari generasi enam ini. Chespin (pokemon Grass), mendapatkan tambahan tipe Fight saat berevolusi menjadi Chesnaught. Fennekin (pokemon Fire), mendapatkan tambahan tipe Psychic saat berevolusi menjadi Delphox. Froakie (pokemon Water), mendapatkan tambahan tipe Dark saat berevolusi menjadi Greninja. Konsep ini dipikirkan karena Psychic, Fight, dan Dark sendiri adalah tiga tipe yang saling bermusuhan, sama seperti Grass, Fire, dan Water. Ketiga tipe itu juga merepresentasikan arketipe prajurit (tipe Fight), penyihir (tipe Psychic) dan thief (tipe Dark) sehingga saya mengasosiasikan starter pokemon di X dan Y ini seperti layaknya karakter fantasy bak Lord of the  Rings. Chesnaught sendiri saya pilih karena saya merindukan tipe Grass sebagai starter saya.

So yes, those will be my team. Arrrggh!! Can’t wait to play!!!! Now I really have to buy Pokemon X! Nabung! Nabung!